Lingkar Dakwah

Bangkitkan Semangat Kepemimpinan Mahasiswa Muslim, LIDMI Hadirkan Dua Pemateri Nasional

MAKASSAR – Pimpinan Pusat Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PP LIDMI) Sabtu (29/12/2018) akan menggelar kegiatan “Seminar Kepemimpinan Dakwah Kampus” bertempat di Gedung Pola Gubernur Sulawesi Selatan.

Seminar tersebut akan menghadirkan dua pembicara di antaranya, Ketua Sekolah Tinggi Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar ustadz Dr. Muhammad Yusran Anshar Lc., MA., dan Ketua Yayasan Amal Jariyah Indonesia (YAJI) ustadz Ardian Kamal S.Pd., M.Sc.

Steering Committee kegiatan, Rustam Hafid, mengatakan kegiatan tersebut didasari oleh kesadaran akan urgensi pengkajian konsep kepemimpinan dakwah kampus secara ilmiah yang dituangkan dalam realita kehidupan berbangsa di Indonesia.

Sehingga menurut dia, dengan adanya seminar ini, para mahasiswa khususnya yang bergerak dalam dunia dakwah kampus bisa mengerti posisinya saat ini.

Menurutnya, saat ini telah terjadi krisis kepemimpinan di kalangan mahasiswa.

“Konsep kepemimpinan dalam Islam telah diatur dengan baik. Tinggal kita hari ini. Mau menerapkannya ataukah memilih untuk meninggalkan. Karena banyak yang kita lihat, semangat aktivis perlahan-lahan telah terdegradasi oleh paham-paham liberal yang mencecoki para aktivis kampus,” kata Rustam.

Dia berharap, seminar ini dapat menjadi wadah para tokoh Islam untuk bertukar pikiran dalam mencari solusi yang tepat bagi kepemimpinan Mahasiswa Muslim di Indonesia.

Hadir sebagai Pemateri, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar,
Ustadz Muhammad Yusran, yang merupakan alumnus S3 program studi ilmu hadist di Medinah International University (MEDIU) Malaysia.

Ustad Yusran sapaan akrabnya, dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude dalam bidang hadits setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Takhrij al-Ahadits wa al-Atsar al-Musnadah fi Kitab “al-Awsath” li ibni al-Mundzir.

“Apalagi beliau adalah ketuaustadz Yusran akan berbagi tips bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Tentunya sesuai dengan syariat Islam, “ ujar Rustam.

Ketua Departemen Infokom PP Lidmi ini menambahkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu khidmat organisasi itu untuk umat dengan menyampaikan konsep kepemimpinan yang dikehendaki oleh umat Islam Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan acara ini kaum Muslimin akan mendapat arahan dan panduan, dan mudah-mudahan pemimpin kaum Muslimin di Indonesia ini bisa dimunculkan oleh Allah Ta’ala untuk memimpin dan mengarahkan umat dalam menjalankan syariat Allah Ta’ala,” paparnya.

Selain menghadirkan Ustad Yusran, Panitia Penyelenggara juga menghadirkan Ketua Senior Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Riyadh, Ustad Ardian Kamal.

Direktur Yayasan Amal Jariyah Indonesia (YAJI) ini dijadwalkan akan menjadi pemateri kedua yang akan membahas materi Kepemimpinan Nasional Dakwah Kampus.

Seminar ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Musyawarah Pimpinan Nasional (MUSPIMNAS) LIDMI yang akan dilaksanakan pada Sabtu (29/12/2018) hingga Ahad (30/12/2018) di Pesantren Pondok Madinah Makassar.

Bekerjasama dengan Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Pusat, LIDMI menghadirkan Keynote Speaker Seminar, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, yang juga akan membuka acara MUSPIMNAS LIDMI 2018 secara resmi. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *