Lingkar Dakwah

Dari Smartphone Hingga Sepeda Motor, LIDMI Makassar Berhasil Galang Dana untuk Ghouta

MAKASSAR – Pimpinan Daerah Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PD LIDMI) Makassar bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla Universitas Hasanuddin (UKM LDK MPM Unhas) menggelar kajian kotemporer dengan tema “Ghouta Tanggung Jawab Siapa” di masjid kampus Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10 Makassar, Sabtu (17/03/2018).

Kajian kotemporer yang dilaksanakan atas kerjasama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Wahdah ini mengundang Ustad Muh. Fakhrurrazi Anshar sebagai pembicara yang kemudian menceritakan sejarah konflik timur tengah, salah satunya apa yang sedang terjadi di Ghouta.

Menurutnya, apa yang terjadi pada negara-negara Islam sekarang berupa kezhaliman dan penindasan adalah tanggung jawab seluruh kaum muslimin. “Kita ibarat satu tubuh, maka jika mereka tersakiti maka seharusnya kita ikut merasakan,” terangnya.

Alumni International University of Africa ini menambahkan, sudah sepatutnya kita menyumbangkan apa yang kita miliki kepada saudara muslim yang sedang terzhalimi, mulai dari harta hingga jiwa.

“Yakinlah bahwa Allah akan mengganti dengan yang lebih baik atas apa yang kita infakkan hari ini,” ujarnya.

Menutup kajiannya, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar ini kemudian memimpin penggalangan dana kepada muslim Ghouta yang kemudian diikuti oleh pengedaran kotak infaq panitia pelaksana.

Muhammad Yusuf selaku Humas LIDMI Makassar mengatakan, penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan  sekitar 22 juta rupiah, diantaranya infak satu unit sepeda motor, tiga buah smartphone, satu buah cincin emas, dan barang-barang lainnya dari peserta muslim dan muslimah.

“Insya Allah bisa lebih dari total yang disebutkan setelah barang-barang hasil infaq tadi diuangkan. Selanjutnya sumbangan ini akan kami serahkan ke LAZIS Wahdah sebagai lembaga kemanusiaan yang akan menyalurkan hasil donasi ini ke Ghouta,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini pula, hasil penggalangan dana Ghouta dan bencana banjir Dompu NTB yang berasal dari seluruh lembaga dakwah kampus se kota Makassar dikumpulkan oleh LIDMI Makassar. Namun sampai berita ini diturunkan belum ada total rekapitulasi dana yang disebutkan oleh pihak panitia.

 

Editor: Rustam Hafid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *