Lingkar Dakwah

Di Paruh Ramadhan, Infokom PP Lidmi Sukses Gelar ITKaf 1439 H

MAKASSAR – Pimpinan Pusat Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PP Lidmi) resmi menutup kegiatan ITKaf Ramadhan IT Camp 2018 M/1439 H dengan tema “Rapatkan Ukhuwah Demi Dakwah IT yang Paripurna” yang dilaksanakan oleh Departemen Informasi dan Komunikasi (Dept. Infokom) PP Lidmi di Masjid Ali-Hizam pondokan Universitas Hasanuddin, Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar, Selasa (29/05).

Setelah dibuka sepekan sebelumnya, tepatnya pada senin (21/05), kegiatan ditutup secara resmi oleh Hamri Muin selaku ketua umum PP Lidmi.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, Dakwah adalah kewajiban seluruh kaum muslimin, khususnya mahasiswa yang masih memiliki waktu dan tenaga yang besar untuk mengemban amanah tersebut.

“Perkembangan Informasi dan Teknologi (IT) yang begitu cepat harus dimanfaatkan oleh kita para aktivis, agar dakwah bisa sampai pada seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Maka melalui kegiatan ini, lanjut Hamri, seluruh peserta yang berasal dari beberapa kampus harus terus mengasah kemampuan agar bisa digunakan dalam kerja-kerja dakwah di kampus masing-masing.

Menurut panitia pelaksana, Muhammad Lutfi, ITKaf ini diharapkan menghasilkan trainer, bukan hanya  sekedar menambah wawasan IT para peserta. “Kan pesertanya utusan Lembaga Dakwah Kampus, maka diharapkan setelah kembali, mereka mampu mengajarkan kembali skill dan konsep yang telah didapat di kegiatan ini,” jelasnya.

Salah seorang peserta, Aswar, ikut memberikan komentar. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan skill IT khususnya wilayah programming yang tidak didapatkan di kampus.

“Saya juga menemukan keluarga baru yang selama ini sulit saya dapatkan baik di rumah maupun di kampus,” kesannya.

ITKaf adalah program tahunan Lidmi yang berbentuk pelatihan IT selama sepuluh hari, dengan tiga konsentrasi yakni Programming, Desain Visual dan Jurnalistik, ditambah dengan materi kajian pembahasan kitab Tauhid bersanad.

ITKaf tahun ini diikuti oleh kurang lebih dua puluh lima peserta yang berasal dari daerah binaan Lidmi, seperti Makassar, Palopo dan Kendari.

Dalam pelaksanaannya, PP Lidmi menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga seperti Pondok Informatika Makassar, Majelis Taklim Telkomsel (MTT) dan Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Sedekah (Lazis) Wahdah. (RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *