Lingkar Dakwah

Empat Lembaga Dakwah Fakultas UNHAS Bersama Laksanakan Seminar Kesehatan Islam

MAKASSAR – Gabungan empat Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) se-Universitas Hasanuddin (UNHAS) akan menyelenggarakan Seminar Kesehatan Islam (SKI) dengan tema “Alquran sebagai pondasi kesehatan” di Baruga Andi Pangerang Pettarani UNHAS, Jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (2/12) esok.

Arfan selaku ketua umum Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla (LDK MPM) UNHAS mengatakan, seminar ini adalah kerjasama empat LDF binaan LDK MPM UNHAS.

Empat LDF tersebut antara lain LDF Asy-Syifa Fakultas Kedokteran (FK), LDF Al-Afiyah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), LDF Salsabil Fakultas Farmasi dan LDF Darul Asnam Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas”, terang Arfan.

Hal ini dibenarkan oleh Daffa Haikal selaku ketua panitia yang mengatakan, keempatnya merupakan lembaga dakwah yang berada di Fakultas yang sama-sama berlatar belakang kesehatan (medis).

“Sehingga mudah menjalin kerjasama dalam pelaksanaan seminar ini”, ujar Daffa.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter Unhas ini menambahkan, kegiatan ini awalnya dalam musyawarah kerja LDF direncanakan berbentuk tabligh akbar yang akan dilaksanakan oleh LDF se-Unhas. Namun setelah mengadakan musyawarah lanjutan, beberapa pengurus mengusulkan untuk mencari tema lain yang jarang dibahas, yakni seminar seputar kesehatan Islam.

“Kami melihat seminar Kesehatan sangat jarang dilaksanakan, terutama yang berkaitan dengan Alquran. Sehingga kami berinisiatif mengajak beberapa LDF yang fakultasnya berkonsentrasi pada dunia kesehatan (medis)”, jelasnya.

Seminar ini akan menghadirkan tiga pemateri, antara lain KH. Deden M. Makhyaruddin, M.A (pemenang “Global 30 Juz Tahfizh and Tafsir Competition” di Morocco), Ustadz Muhammad Ikhwan Abd. Djalil, Lc., M.H.I (Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan) dan dr. A.M. Iqbal Basri, Sp.S, M.Kes (dokter spesialis saraf FK UNHAS), dengan keynote speaker Prof. dr. Veni Hadju selaku guru besar FKM Unhas. (*rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *