Lingkar Dakwah

Generasi Milenial Susah Baca Alquran? UKM MPQ Unidayan Baubau Punya Caranya

BAUBAU– Banyak yang bilang, kalau generasi milenial itu sangat sulit diajak ke masjid apalagi diajak untuk belajar membaca al-Qur’an. Padahal dengan sering ikut pengajian, maka wawasan keislaman seseorang akan bertambah.

Tidak dipungkiri, banyak metode yang sering kali digunakan oleh beberapa Dai untuk menarik simpati anak muda atau kaum milenial. Dari sekian banyaknya metode tersebut, sangat sedikit yang bisa menarik simpatik anak muda untuk tetap rutin belajar membaca Alquran.

“Kalau ajak mereka ikut kajian bisa saja, tapi yang mau diajak rutin untuk baca Alquran hingga benar-benar lancar sesuai kaidah-kaidahnya sangat jarang,” ujar Endri Ahmad, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alquran (UKM MPQ) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan), Kamis (6/12/2018).

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Angkatan 2016 Unidayan ini mengatakan, untuk menggaet para Mahasiswa yang notabenenya merupakan kaum milenial di dunia kampus, beberapa metode kini ia garap bersama sesama Aktivis dakwah kampus.

“Kemarin kita buat semacam daurah, dan Alhamdulillah terbentuk beberapa kelompok belajar,” ungkapnya.

Foto bersama seluruh peserta Dauroh Alquran MPM MPQ Unidayan

Endri menuturkan bahwa kegiatan yang ia namakan Daurah Alquran 1 ini mengangkat tema “Generasi Milenial dalam Bimbingan Alquran” dilaksanakan di Baruga La Ode Malim Unidayan, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Ahad (2/12/2018).

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini bisa memotivasi kembali mahasiswa untuk selalu menanamkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupannya,” imbuhnya.

Ia menegaskan, salah satu metode yang ia gunakan untuk membina kelompok belajar tersebut adalah metode Pendidikan Alquran orang dewasa (Dirosa).

“Jadi metode dirosa itu adalah metode pembinaan Alquran untuk orang dewasa, Insya Allah satu hingga tiga bulan kedepan jika kita tekuni secara serius, mereka akan mampu membaca Alquran dengan baik dan benar,” pungkasnya.

Metode DIROSA sendiri telah dijalankan oleh beberapa Lembaga Dakwah Kampus (LDK) binaan Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) se Indonesia, dalam tujuannya melakukan perbaikan bacaan Alquran di kalangan Mahasiswa.

Salah satunya yang dijalankan oleh UKM MPQ Unidayan ini, yang merupakan binaan dari Pimpinan Daerah (PD) LIDMI Baubau. [*ZTD]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *