Lingkar Dakwah

LDF UMI ADAKAN KAJIAN SAINTIS MUSLIM

Rabu (23/11) Lembaga Dakwah Fakultas Sastra UMI  adakan Kajian Saintis Muslim di Ruang Kuliah Fakultas Sastra. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan. Diantaranya dari Farmasi dan Teknik Industri.

Kajian dibawakan oleh Ustadz Syamsuar Hamka yang juga Kadep Kastra PP LIDMI. Dalam kajiannya, ia mengungkapkan peran ilmuwan muslim dalam peradaban dunia. “Beberaoa diantara ilmuwan muslim yang berpengaruh adalah aal-Khawarizmi, Ibn Sina, Ibn Haytham dan lain-lain”, tandasnya.

Acara ini diadakan Pukul 16.30 hingga menjelang maghrib dan diikuti oleh peserta dengan antusias. Diakhir sesi ada beberapa pertanyaan. Diantaranya adalah persoalan Teoei Evolusi Darwin yang masih banyak diajarkan di sekolah. Padahal sudah banyak argumen yang mempermasalahkan teori tersebut. Bahkan dari sains sendiri.

“Teori Darwin hanya sebatas teori, belum ada bukti faktualnya, dan persoalan yang lain adalah konsep manusia dalam ilmu barat sudah membatasi manusia hanya pada masalah fisik, sehingga manusia diteliti hanya lewat tulang,” Jawab Lelaki yang lahir 26 Tahun lalu itu.

“Manusia itu intinya adalah ruh. Dan Ruh pembahasan sejarahnya ada pada al-Qur’an. Sehingga bicara sejarah manusia, sumbernya harus dari al-Qur’an,” ungkapnya diiringi anggukan peserta.

Kajian semacam ini bertujuan untuk mengembangkan budaya berpikir kritis mahasiswa, seperti disebutkan Kahfi. “Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah pengembangan nalar dan kemampuan berpikir mahasiswa, utama aktivis dakwah,” ujar Kahfi, mantan ketua LDF Farmasi (elf).

umi1

umi2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *