Lingkar Dakwah

Masya Allah, Ini Cara LDK FSI RI UNM Rekrut Pengurus Baru

MAKASSAR – Lembaga Dakwah Kampus Forum Studi Islam Raudathul Ilmi Universitas Negeri Makassar (LDK FSI RI UNM) melakukan penguatan kepada kader dakwah se -UNM dengan menggelar Daurah Tarqiyah dengan tema “Menyongsong Kejayaan Islam dengan Tarbiyah dan Ukhuwah Islamiyah”, di masjid Ar Raaid, Manggala, Kota Makassar, pada Jumat (29/12) hingga Ahad (31/12).

Muhammad Julmawansyah selaku Ketua Umum LDK FSI RI UNM mengatakan, peserta daurah tarqiyah merupakan pengurus Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang dipersiapkan sebagai pengurus LDK diperiode selanjutnya.

“Daurah Tarqiyah ini kami adakan sebagai jalan untuk mempererat tali silaturahmi diantara para pengusung-pengusung dakwah. Juga sebagai pintu masuk bagi mahasiswa Angkatan 2014 yang akan menjadi pengurus baru di tahun mendatang menggantikan kami,” terang pria asal Bone ini.

Daurah ini, lanjut Anca panggilan akrab Julmawansyah, menyuguhkan beberapa materi kepada para peserta seperti Islam Sepanjang Sejarah, Urgensi Dakwah dan Tarbiyah, Kepribadian Seorang Aktivis, Problematika Dakwah Kampus, Metode Memahami Islam, Manhaj Perubahan, Manajemen Waktu, dan ditutup dengan kegiatan outdoor.

 “Islam masuk ke nusantara di abad yang ke-7. Yang bilang abad ke-13 itu bohong. Yang benar di abad ke-13 itu Islam sudah tersebar. Jadi berbanggalah kalian yang memperjuangkan Islam ini terutama di kampus UNM,” tegas Ustadz Ishaq Subu Lc, pemateri Islam Sepanjang Sejarah yang juga merupakan alumnus kampus LIPIA Jakarta.

Selain itu, beliau juga berpesan bahwa hanyalah orang-orang yang mempunyai mental bajalah yang mampu memikul amanah dakwah ini.

Dalam kegiatan outdoor, para peserta nampak begitu menikmati serangkaian kegiatan yang diusung oleh panitia. Mulai dari menghafal Alquran, belajar metode kepemimpinan, Ibrah kisah Bilal bin Rabah radhiyallahu ‘anhu dengan ditindih batangan pohon, serta komitmen di jalan dakwah yang dipadu dengan beragam modifikasi layaknya permainan.

“Adu tanding di medan uhud kami kalah terus. Padahal kami adalah tim pertama yang berhak maju duluan di garis start, heheh,” kata  Andi Syahrul Darmawan, mahasiswa teknik UNM saat diwawancarai di arena outdoor.

Kegiatan ini ditutup pada hari Ahad (31/12) dengan terlebih dahulu membersihakan area Masjid yang selama dua hari kurang lebih digunakan melaksanakan daurah. (*ztd)

Editor: Rustam Hafid

Sesi Indoor, pemberian materi ruhiyah
Sesi Outdoor, latihan kepemimpinan
Parit ukhuwah

 

Foto bersama pengurus FSI RI UNM sebagai panitia pelaksana
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *